Green Economy - Dewi Lestari

Green Economy - Dewi Lestari

TANAM POHON PENJAGA KEBUN

TANAM POHON PENJAGA KEBUN
Bibit mimba , penjaga kebun Anda dari hama. Klik foto di atas.

Sunday, January 3, 2010

Jual Bibit Jabon Unggul Provenan Jawa


KLIK FOTO PERTUMBUHAN PAULOWNIA ELONGATA DI BAWAH INI. TAMBAH 1 METER DALAM 30 HARI !!!




Lihat juga blog kami yang lainnya untuk topik yang sama :



PERHATIAN : JABON HANYA COCOK DITANAM DI TANAH DENGAN SOLUMN DALAM. TIDAK COCOK UNTUK TANAH SOLUMN DANGKAL.

Kami menyediakan bibit Jabon provenan pulau Jawa ( Anthocepalus cadamba ) ukuran 30 cm - 120 cm. Harga tinggi 40 cm @ Rp. 2.000 belum ongkos kirim. Biji Rp. 1.000.000 / pack 500 gram. Bibit Jabon Merah Sulawesi Rp.4000/batang. Lokasi di Semarang. Minimum order 1000 batang . Pemesanan dengan DP 50 % , pengaturan jadual kirim 20 - 45 hari setelah DP. Pelunasan 1 hari sebelum kirim. Hubungi kami 0858 66 231 777 - Rudy.

Jabon merupakan alternatif yang sangat menarik sebagai investasi hutan tanaman rakyat , karena daunnya tidak disukai ternak , jadi kemungkinan pencurian daun untuk pakan ternak kecil kemungkinannya , dan cabangnya memiliki karakteristik self-pruning / luruh / rontok sendiri seiring dengan bertambah tingginya pohon. Jadi otomatis secara alami kita dapatkan log yang lurus nyaris tanpa mata. Keunggulan lain adalah penyakit tumor karat seperti yang menyerang sengon ( Paraserianthes falcattaria ) tidak menyerang jabon. Sejauh ini belum ada data penyakit wabah yang dipublikasikan secara terbuka.


Karakteristik kayunya yang dikategorikan dalam kayu keras ( meskipun range density nya 0,35 - 0,54 g / cm3 ( hampir sama dengan sengon , 0,32 - 0,48 g / cm3 ), seratnya yang memiliki karakter kuat , menyebabkan kayu jabon bisa dipakai sebagai face veneer / lapisan luar plywood. Sedangkan sengon , karena karakter seratnya kurang menarik , seringkali dipakai sebagai core / lapisan dalam plywood, meskipun untuk beberapa kasus , sengon juga digunakan sebagai lapisan luar plywood & laminating layer board ( seperti misalnya untuk drawer box / kotak laci ). Harga per kubik kayu jabon sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan sengon, yaitu saat ini ( akhir 2009 - awal 2010 ) berkisar Rp. 900.000 / m3 log diameter 25 cm up. ( sengon masih berkisar Rp. 780.000 - 850.000 / m3 log ). Hasil kubikasi per hektar dan laju pertumbuhan jabon kurang lebih sama dengan sengon. Jadi dengan hitungan ini , hasil per hektar sedikit lebih tinggi. Hanya saja kemudahan penjualan dan permintaan pasar , sengon tetap sementara ini jauh lebih unggul dibandingkan jabon.

Tanaman yang masih satu kerabat dengan kopi ini memiliki ciri khas lain , dormansi bijinya hanya bertahan 1 - 2 bulan sejak petik. Di dalam satu butir buahnya , terdapat 500 - 2000 butir biji halus. Bijinya tertanam dalam pericarp / daging buahnya , yang sepintas seperti buah sukun berukuran sedikit lebih besar dari bola tenis , dan di dalamnya berongga panjang - panjang.Karena alasan inilah bijinya agak sulit diperdagangkan secara bebas , karena dormansi yang cepat menurun jika disimpan lebih dari 1 bulan setelah buah dipetik. Kesulitan memisahkan biji - biji halus dari daging buah ini juga cukup membutuhkan ketrampilan khusus untuk pembibitannya.




Secara umum , Jabon merupakan alternatif yang menarik sebagai investasi perkebunan masa depan. Untuk pilihan tumpangsari / intercropping , silakan buka
www.kebun5m.blogspot.com


Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment